Friday, January 13, 2012

Be Happy !

Be Happy – Jadilah Bahagia dan Berkah bagi Dunia

ditulis oleh Anand Krishna

***

Dalam bagian pertama buku ini, kita akan berusaha untuk menemukan definisi kebahagiaan yang cocok bagi kita. Saya sengaja tidak memberikan kesimpulan yang baku. Buku ini adalah sebuah workbook – buku kerja. Kita harus bekerja untuk menemukan sendiri definisi dan kesimpulan yang cocok bagi kita.
Sebagaian besar dari artikel-artikel dalam bagian pertama buku ini telah muncul di Koran daerah, seperti Jawa Pos, Radar Bali (Bali), Kedaulatan Rakyar (Yogyakarta), dan Suara Merdeka (Semarang), namun karena keterbatasan ruang hampir semua artikel mesti melewati proses editing, baik oleh penulis mau pun oleh editor. Dalam buku ini, saya memberikan the uncut version, versi utuh sebelum diedit, karena keterbatasan ruang serta keterbatasan lain yang ada di Koran-koran itu bisa diatasi di sini. [...]
…,apakah kenikmatan indra dan kenyamanan jasmani itu tidak penting? Penting juga! Kita hanya perlu menyadari bahwa semuanya itu “tidak dapat” membahagiakan. Silakan memanjakan diri dengan segala macam sarana yang dapat membuat tubuh nyaman dan memberi kenikmatan pada indra. Tidak ada yang salah dengan semuanya itu, asal kita ingat bahwa srana-sarana itu tidak kekal, tidak abadi sehingga tidak dapat membahagiakan manusia untuk selamanya.
Bila hal ini tidak kita sadari, kita bisa terjebak untuk mencari kebahagiaan dari benda-benda dan sarana-sarana di luar diri. Kita menyalahartikan kenikmatan indra dan kenyamanan tubuh sebagai kebahagiaan. Kemudian, ketika [...]
Bahagia dan derita adalah pilihan bebas kita. Pilihlah bahagia,
dan singkirkan penghalangnya, maka hidup Anda akan menjadi sebuah perayaan,
dan diri Anda pun akan menjadi Berkah bagi dunia.
Bila kamu ingin orang lain bahagia, prakteikan belarasa.
Bila kamu ingin bahagia, praktikkan belarasa.
Dalai Lama
Kebahagiaan adalah milik orang yang merasa diri kecukupan.
Aristoteles
Kebahagiaan akan memelukmu bila karya dan katamu menguntungkan dirimu dan orang lain.
Buddha
Kebijakan adalah bagian terpenting dalam kebahagiaan.
Spohocles
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari sampul buku berjudul: ” Be Happy, Jadilah Bahagia dan Berkah bagi Dunia, ditulis oleh Anand Krishna.  Diterbitkan oleh: PT  Gramedia Pustaka Utama.

0 komentar:

Post a Comment