Friday, January 6, 2012

Sehat Dalam Sekejap

 



Sehat Dalam Sekejap

ditulis oleh Anand Krishna

***
[...] Anda bisa lari dari keadaan, tapi tidak bias lari dari pikiran [...]
Pada awal bulan Maret 1999, The National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH) bekerja sama dengan American Psychological Association mengadakan konfrensi di Baltimore, Amerika Serikat. Yang mereka bicarakan adalah masalah stress ini. Tidak heran, karena hasil riset mereka sebelumnya menunjukkan bahwa 25% pekerja di Amerika Serikat mengalami stress “parah” di tempat kerja, sampai membutuhkan bantuan medis dan psikologis.
Ironisnya ilmu medis hanya bisa menangani gejala penyakit yang disebabkan oleh stress, depresi dan lain sebagainya. Lalu, sebagaimana dikatakan oleh seorang teman dokter di Ashram, Dr Setiawan: “obat-obat anti depresi dan anti stres yang biasanya diberikan hanya mengurangi atau menghilangkan gejala-gejala penyakit. Bahkan seorang penderita bisa mengalami ketergantungan obat dengan segala akibatnya. Mau sampai kapan?
Ilmu psikologi menawarkan pengetahuan tentang stress, tentang depresi, tetapi solusi yang ditawarkan juga belum pas, karena ilmu psikologi masih bekerja pada tingkat alam bawah sadar. Yang diarah memang sudah betul, karena kekacauan terjadi di situ, tetapi untuk mengatasinya, harus ada lembaga lebih tinggi dari alam bawah sadar. Seperti huru-hara di jalan raya, yang mengatasinya harus aparat keamanan. Para pelaku huru-hara sendiri tidak bias diharapkan untuk mengatasinya. Dalam hal ini, aparat keamanan itu sebuah perumpamaan untuk menunjukkan kesadaran murni. Prosesnya dimulai dengan melampaui alam bawah sadar atau subconscious mind.
Psikiatri juga tidak banyak membantu. Lagi-lagi, yang bisa mereka berikan hanyalah obat penenang, ditambah dengan latihan rileksasi – yang bisa mengalihkan kesadaran sang penderita dari penderitaannya. Tetapi ya sekedar itu saja – pengalihan perhatian untuk sesaat.
Seorang penderita stress atau depresi membutuhkan penanganan yang bersifat “holistc“. Istilah holistic ini mempunyai akar pada suku kata “whole” – keseluruhan. Nah, setidaknya ada lima aspek utama kepribadian manusia yang harus ditangani. [...]
Tubuh kita memiliki mekanisme alamiah yang luar biasa, yang kalau tidak kita kacaukan, akan menciptakan sendiri pertahanannya terhadap berbagai gangguan dan penyakit. Tetapi, mekanisme alamiah itu sudah banyak terganggu oleh pola makan, cara pandang, dan pembiasaan secara mental maupun emosional, serta pola hidup kita.
Meditasi Dinamis Ananda (MeDinA) akan memberdayakan diri Anda, untuk meraih kembali kesehatan fisik, mental dan emosional Anda. Dengan latihan-latihan praktis yang dipaparkan dengan ilustrasi jelas, Anda akan mampu mengatasi gangguan mental seperti amarah dan kesal, duka dan murung, cemas dan gelisah, sampai yang berat-berat seperti, trauma, stress dan depresi, bahkan keinginan untuk bunuh diri.
Melalui meditasi itu, Anda juga dapat mengatasi insomnia dan migraine, serta berbagai bentuk ketergantungan dan kecanduan. Dan untuk kesehatan fisik secara keseluruhan, disajikan terapi yang amat murah dan luar biasa manfaatnya maupun efektifitasnya: Terapi Air.
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari, buku “Sehat Dalam Sekejap“. Cetakan Ketiga: Februri 2001. Ditulis oleh Anand Krishna.  Diterbitkan oleh: PT  Gramedia Pustaka Utama. (Cetakan pertama: April 2000)

0 komentar:

Post a Comment