Friday, January 6, 2012

MedEri : Bersama Tim Dokter

MedEri-Medis Meditasi MedEri – Medis Meditasi

oleh Anand Krishna bersama Teman-Teman

***
[...] The Latin root of the word meditation is similar to the root for medical or medicate and implies the sense of “attending to” or “paying attention to” something.
In meditation, you pay attention to your own deepest, innermost levels-dimensiaon of yourself which are seldom known.
The English word meditation is based on the Latin root “med” which is, “to measure.” The present meaning of the word is “to reflect,” “to ponder” (i.e.to weigh or measure), and “to give close attention.” The Latin root of the word meditation, mederi, means “to heal. “The word meditation comes from the same Latin root as the word medicine, MedEri, meaning “to remedy”.
Inilah hasilnya bila kita membuka Leksikon atau kamus tentang Origin of Words, asal-usul terbentuknya satu kata. Medication atau Medis  dan Meditation atau Meditasi berasal dari satu suku kata yang sama dalam bahasa Latin:
“Akar kata bagi Meitasi dalam bahasa Latin mirip dengan akar kata bagi Medis, maksudnya ‘menjaga’,'merawat’ atau ‘memperhatikan’ sesuatu.
“Dalam Meditasi, kita memperhatikan lapisan-lapisan kesadaran atau dimensi-dimensi terdalam dalam diri kita sendiri, yang biasanya luput dari perhatian.
“Meditation dalam bahasa Inggris berasal dari suku kata ‘med’ dalam bahasa Latin, yang mana berart’mengukur’. Dalam keseharian kita sekarang, kata ini juga dapat diterjemahkan sebagai ‘menilai’, ‘menghayati’, ‘meniti’ atau ‘memperhatikan secara mendalam’.
“Akar kata bagi ‘meditasi’ dalam bahasa Latin yakni ‘mederi’, berarti ‘menyembuhkan’. (Kesimpulannya) kata ‘meditasi’ dan ‘medis’ dalam bahasa Latin berasal dari suku kata yang sama – MedEri, berarti menyembuhkan’.”
Bila disimpulkan lebih lanjut, [...]
Di tahun-tahun mendatang, bukan Cuma obat-obatan yang akan diimport. Dokter-dokter asing pun akan “dipasarkan” di sini.
Ketidaktahuan tentang diri sendiri adalah sebab utama makin mahalnya kesehatan. Padahal, penelitian-penelitian ilmiah mutakhir menunjukkan bahwa penyebab kita sakit – sekaligus penyembuhnya – tak lain adalah kita sendiri.
Inilah cara pandang ilmu kesehatan holistic yang sudah berusia ribuan tahun. Dokter hanyalah seorang ‘fasilitator”, obat-obatan Cuma pelengkap. Yang terpenting, kita sndiri harus berperan.
Kita semua berhak atas kesehatan yang murah. Sekaranglah saatnya. Yang diperlukan Cuma perubahan persepsi.
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari, buku “MedEri – Medis Meditasi“. Cetakan I: Juni 2005. Ditulis oleh Anand Krishna bersama Teman-Teman. Diterbitkan oleh: PT One Earth Media.

0 komentar:

Post a Comment