Friday, January 6, 2012

Neo Feng Shui Awareness

feng shuiNeo Vastu Feng Shui Awareness

Rahasia Ilmu Kuno Bagi Manusia Modern

ditulis oleh Anand Krishna

***
[...] Apa sih Feng Shui itu?
Feng Shui adalah Ilmu untuk Hidup Selaras, Hidup Harmonis dengan Alam. Itulah definisi Feng Shui. Itulah makna sebenarnya.
Barangkali ada yang bertanya, kenapa? Kenapa kita harus hidup selaras dengan alam? Apa perlu?
Ya, perlu.
Karena, hidup tidak selaras dengan alam memboroskan sangat banyak energi. Manusia seolah terkuras seluruh energinya, ia menjadi gelisah, gusar tanpa ia mengetahui sebabnya. [...]
[...] Neo Feng Shui lahir dari pertemuan antara Otak Barat dan Hati Timur, Sains Barat dan Kebijaksanaan Timur. Sehingga para pakar Feng Shui tradisional barangkali menganggapnya aneh. Sesuatu yang baru memang selalu terasa aneh. Atau, mungkin, kata “aneh” itu sendiri tidak tepat… apa yang terjadi ketika di rumah kita lahir seorang bayi. Si pendatang baru ini “aneh”, “lucu” atau apa?
Barangkali sang pendatang baru sangat welcome bagi ibu yang melahirkannya. Tetapi, bagi kakak kandungnya sendiri yang baru berusia 4 – 5 tahun, barangkali si pendatang malah menimbulkan kecemburuan. Ia merasa tidak diperhatikan, atau kurang diperhatikan oleh ayah dan ibunya. Padahal, itu tidak perlu terjadi. Neo Feng Shui merupakan perkembangan dari Feng Shui. Ia tidak bertentangan dengan versi tradisional, hanya saja ia mengakomodir perkembangan-perkembangan baru dalam “diri manusia”…
Ya, Perkembangan-perkembangan baru dalam “diri manusia”. Manusia modern sudah jauh berbeda dar manusia 4000-an tahun yang lalu ketika Feng Shui menjelma sebagai ilmu di Chung Kuo, The Middle Earth, Bagian Tengah Dunia -  Cina.
Kebijaksanaan Tao menerima perubahan sebagai hukum alam yang tak pernah berubah. Perubahan itu abadi adanya. Barangkali, hanyalah perubahan yang tak pernah berubah. Sungguh aneh bila para pakar Feng Shui modern tidak mau menerima perubahan dan bertahan pada pendekatan 4000-an tahun yang lalu dengan dalih otentitas dan otoritas.[...]
Banyak yang menyalahpahami Feng Shui. Sebagian menganggap takhayul belaka. Sebagian lagi percaya mentah-mentah, tanpa tahu maknanya. Agar bisa kaya.
Feng Shui, sesungguhnya ilmu kuno untuk hidup selaras dengan alam. Ia memanfaatkan energi sekitar kita agar terjadi peningkatan kualitas hidup.
Berangkat dari tradisi yang terbuka pada evolusi, lahirlah Neo Vastu Feng Shui…
Menempatkan kesadaran manusia, sebagai  ”titik pusat” , ilmu ini memberikan kita pandangan lebih utuh untuk “memanfaatkan”, dan bukan “dimanfaatkan” materi.
Inilah rahasia ilmu kuno yang sangat relevan dengan kebutuhan dan tantangan kita, manusia modern. Penjelasannya mudah dipahami. Praktis, sekaligus visioner.
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari sampul buku:  “Neo Vastu Feng Shui Awareness ” – Rahasia Ilmu Kuno Bagi Manusia Modern. Ditulis oleh Anand Krishna.  Diterbitkan oleh: PT. One Earth Media. (Agustus – 2005)

0 komentar:

Post a Comment