Friday, January 13, 2012

The Ultimate Learning: Pembelajaran untuk Berkesadaran

LearningThe Ultimate Learning

Pembelajaran untuk Berkesadaran

oleh Anand Krishna

***
Seorang lelaki berusia 70 tahun berangkat seorang diri dari India dengan menggunakan kapal laut menuju Amerika tanpa bekal, tanpa kenalan, demi memenuhi keinginan guru spiritualnya untuk menyebarkan Berita Baik Kesadarn Kasih. Lelaki itu adalah Abhay Charanaravinda Bhaktivedanta Swami Prabhupada ( 1 September 1896-14 November 1977). Kelak dikenal sebagai pendiri International Society for Krishna Conciousness. Darimana dia memperoleh kekuatan untuk melakukan perjalanan itu?
Ajaran dan kehidupan Chaitaya-lah yang menjadi pendorong  batin Prabhupada. Chaitaya berate “Kesadran”, yaitu Kesadaran akan Kasih Ilahi, Kesadaran akan kasih terhadap sesama mahluk, Kesadaran akan kebersamaan seluruh umat manusia. Sri Chaitaya Mahaprabhu meninggalkan 8 ayat kesadaran, the Ultimate Learning-pembelajaran tertinggi – bagi kita semua. Shiksha Shatakam, kumpulan 8 ayat ini, bias menjadi pemandu bagi setiap panembah, setiap bhakta.
Kendati demikian, persis seperti ilmu-ilmu tinggi lainnya, pembelajaran ini pun menuntut kualifikasi awal, yaitu keterbukaan diri kita untuk menemukan jati diri, untuk menemukan sumber kesadaran di dalam diri, untuk menemukan kasih dan cinta sejati. Ayat-ayat pembelajaran ini ditunjukan kepada mereka yang tidak puas dengan identitas semua pemberian dunia dan siap menemukan identitas diri yang sebenarnya.
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari sampul buku: “The Ultimate Learning, Pembelajaran untuk Berkesadaran ”. Ditulis oleh Anand Krishna. Diterbitkan oleh: PT. Gramedia Pustaka Utama. (September 2010)

0 komentar:

Post a Comment