Friday, January 13, 2012

The Gita of Management: Panduan bagi eksekutif Modern

Gita of ManagementThe Gita of Management- Panduan bagi Eksekutif Muda Berwawasan Modern

ditulis oleh Anand Krishna

***
Zaman telah berubah.
Para eksekutuf bisnis kini meninggalkan ajaran seni berperang Sun Tzu
Dan beralih mengikuti petunjuk Bhagavad Gita yang penuh kedamaian.
( Business Week Edisi Indonesia/ 15-22 November 2006)
… Adalah kecelakaan bagi umat manusia, bagi manusia modern, bagi Orang Indonesia yang belakangan ini lebih menggemari kebijakan Sun Tzu dalam hal bermanajemen, daripada mencari referensi dari khazanah budaya sendiri.
Sri Krishna dan Bhagavad Gita berasal dari budaya kita sendiri, dari Budaya Nusantara yang menjadi bagian dari Peradaban Sindhu. Peradaban ini oleh sejarawan Arab disebut Hindu, oleh barat disebut Indo, Indies, Hindia, Indo dan sebaginya.
Kita tidak sedang berbicara tentang apa yang sekarang disebut “Agama Hindu”. Kita sedang berbicara tentang budaya Indo, tentang nilai-nilai luhur yang terdapat dalam kearifan local kita sendiri. [...]
Sun Tzu mewakili manusia primordial, dimana hukum yang berlaku adalah fight or flight, melawan untuk keluar sebagai pemenang, atau melarikan diri dari medan laga. Berbasiskan konsep dasar itu ia menyusun Seni Perang, untuk memberi kita kemenangan, dan orang modern dengan antusias menerapkannya dalam bisnis.
Sun Tsu adalah sebuah kemerosotan dari kebijaksanaan klasik, dan kita perlu naik kembali ke ketinggian itu: Kebijaksanaan Sri Krishna. Untuk itu, buku ini akan memandu pendakian Anda.
Zaman telah berubah. Para eksekutif bisnis kini meninggalkan ajaran seni perang Sun Tzu…Era ketika Gordon Gekko, tokoh dalam film Wall Street, dengan bangga mengutip Sun Tzu telah pudar. Bhagavad Gita menggeser posisi The Art of War sebagai referensi manajemen.
  • - Business Week Indonesia
Sun Tzu masih berkuasa di Cina. Lahir lebih dari 500 tahun sebelum Era Masehi, berarti kira-kira 2500 tahun yang lalu, ia masih hidup, masih kuat, masih Berjaya.
Pertanyaannya, seberapa bergunanya ajarannya bagi kita? Apakah berguna atau justru membahayakan kehidupan kita? Siapakah sesungguhnya Sun Tzu itu?
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari sampul buku berjudul: ” The Gita of Management- Panduan bagi Eksekutif Muda Berwawasan Modern, ditulis oleh Anand Krishna.  Diterbitkan oleh: PT Gramedia Pustaka Utama.

0 komentar:

Post a Comment