Friday, January 6, 2012

Kematian: Panduan untuk Menghadapinya dengan Senyuman

kematian

KEMATIAN

Panduan untuk Menghadapinya dengan Senyuman

ditulis oleh Anand Krishna

***
MENGHADAPI  MAUT
Apa yang sedang kau baca ini dapat meningkatkan kesadaranmu. Bacalah sebelum ajalmu tiba. Renungkan maknanya. Dan ingatlah isinya. Apabila kau tidak dapat mengingatnya, mintalah bantuan seseorang untuk membacakannya, ketika maut datang untuk menjemputmu.
Jika kau menghadapi kematian dengan penuh kesadaran, tak perlu lagi ada yang membacakan buku ini untukmu. Apa pun keyakinanmu, kepercayaanmu, agamamu, tidak menjadi masalah, karena yang diungkapkan dalam buku ini adalah kebenaran tentang kematian – sesuatu yang terjadi pada setiap orang, apa pun [...]
ANJURAN
Sebarluaskan isi buku ini. Bacakan kepada mereka yang sakit, yang sekarat bahkan kepada mereka yang sudah meninggal. Mendengarkan isi buku ini sekali pun sudah cukup. Semasa hidup, walaupun kau tidak menghayatinya, pada saat kematian kau akan mengingatnya kembali, karena daya ingatmu akan berlipat ganda setelah kematian.
Apabila ada yang membacakannya pada saat kematian, hendaknya tidak diiringi dengan suara tangis. Hendaknya, ruangan itu dalam keadaan hening dan bersih.
Sebelum mulai membaca isi buku ini, ucapkan doa sesuai dengan kepercayaanmu. Lalu, perhatikan [...]
“Ketidaksadaran akan jati diri menciptakan rasa takut akan kematian. Ia yang menyadari jati dirinya tidak akan takut mati. Ia tahu persis bahwa kematian bagaikan daun pintu. Di baliknya ada kehidupan lain, yang jauh lebih indah.
Kematian mengangkat tirai yang menutupi sekian banyak hal dari penglihatan kita semasa hidup. Kita menjadi lebih sadar akan jatidiri dan kebenaran dunia ini.”
Hazrat Inayat Khan
Banyak sekali diantara kita yang menduga dan menggambarkan kematian sebagai lorong serba gelap dan sendu! Kalau Anda termasuk di dalamnya, setelah membaca buku ini pandangan Anda akan berubah. Anda siap menjadi pelukis kehidupan dan kematian dengan sapuan warna-warna ceria!
Lebih terkenal dengan The Tibetan Book of the Dead, dalam bahasa aslinya, Tibet, Bardo Thos Grol Chen Mo berarti Panduan untuk Mencapai Kebebasan Abadi lewat Pemahaman tentang Kematian. Melalui tangan Anand Krishna, naskah klasik dari abad kedelapan ini disadur sedemikian rupa sehingga menjadi Panduan Siap Pakai. Dan Anda tahu, hanya orang yang paham tentang kematian yang dapat hidup dengan benar!
***
Tulisan di atas  adalah kutipan-kutipan dari buku berjudul : ” KEMATIAN – Panduan untuk Menghadapinya dengan Senyuman “. Cetakan kedua: Maret 2000. Ditulis oleh Anand Krishna.  Diterbitkan oleh: PT Gramedia Pustaka Utama. (Cetakan pertama: Agustues 1999)

0 komentar:

Post a Comment